MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO

Indah, Wahyuni (2024) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DIGITAL SEKOLAH DI SMK NEGERI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indah Wahyuni_Manajemen Perpustakaan Digital Sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam perkembangan teknologi informatika yang semakin maju membuat manusia dituntut untuk terus melakukan perubahan. Hal tersebut memberi dampak juga terhadap pengelolaan pendidikan. Perpustakaan digital menjadi salah satu wujud bentuk perubahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen perpustakaan digital sekolah di SMK Negeri 1 Purwokerto Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru dan siswa. Data penelitian diperoleh dengan mengumpulkan data melalui cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menguraikan bahwa pertama, pada proses perencanaan perpustakaan digital di SMK Negerti 1 Purwokerto sudah dilakukan sesuai tahap perencanaan mulai dari penetapan visi dan misi dan menganalisis kebutuhan, Kedua, pada proses pengorganisasian perpustakaan digital di SMK Negeri 1 Purwokerto sudah terstruktur dan terencana namun pada pelaksanaannya peran, fungsi dan tugas masing-masing staf perpustakaan belum sesuai. Ketiga, pada proses pelaksanaan perpustakaan digital di SMK Negeri 1 Purwokerto sudah memanfaatkan sistem automasi dalam pengolahan koleksi buku dan pelayanan sirkulasi dilakukan dengan tersistem hanya saja sebagian masih dilakukan dengan manual ketika mengalami beberapa kendala, kemudian belum ada sosialisasi aplikasi e-book secara merata kepada siswa. Keempat, pada proses pengawasan perpustakaan digital di SMK Negeri 1 Purwokerto dilakukan dengan metode pengawasan jauh oleh kepala sekolah dan kepala perpustakaan serta pengawasan dekat oleh petugas pustakawan yang selalu standby di perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digital, Manajemen, Perpustakaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.8 Perpustakaan dan Museum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wahyuni sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:25
Last Modified: 25 Apr 2024 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24383

Actions (login required)

View Item View Item