INTEGRASI NILAI ANTI BULLYING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 3 BANJARNEGARA

KINANTI, ANGGIT RAHAYU (2024) INTEGRASI NILAI ANTI BULLYING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 3 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KINANTI ANGGIT RAHAYU_INTEGRASI NILAI ANTI BULLYING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 3 BANJARNEGARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara menyeluruh mengenai bagaimana integrasi nilai anti bullying dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs N 3 Banjarnegara. Dewasa ini banyak terlihat berbagai fenomena kemerosotan moral pelajar seperti tawuran, aksi kekerasan, penyalahgunaan obat berbahaya, pergaulan bebas, dan akhir-akhir ini banyak terjadi kasus perundungan atau bullying. Bullying sering terjadi di kalangan pelajar baik dari usia anak sampai remaja, bullying tidak bisa dianggap sebelah mata karena banyak kasus bullying telah memakan korban.Bullying dapat terjadi di mana saja, baik di keluarga, masyarakat bahkan sekolah.Bullying di sekolah kerap kali terjadi dan meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan akibat dari pendidikan yang hanya mementingkan aspek kognitif saja tanpa mementingkan aspek moral. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu upaya untuk menanamkan nilai karakter pada peserta didik di sekolah, tujuannya agara peserta didik tidak hanya cerdas intelektual tapi juga unggul dalam moral. Seperti yang dilakukan MTs N 3 Banjarnegara yang mendukung program madrasah ramah anak yaitu menolak segala macam bentuk bullying. Adapun upaya dalam mencegah bullying salah satunya yaitu mengintegrasikan nilai anti bullying dalam pembelajaran Akidah Akhlak, hal ini bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu integrasi nilai anti bullying menggunakan model pembelajaran integratif model terhubung(connected) yang terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan guru menyusun modul pembelajaran dengan menyisipkan nilai anti bullying. Tahap pelaksanaan yaitu guru mengintegrasikan nilai anti bullying dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan beberapa metode diantaranya, ceramah, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari, keteladanan Nabi dan tokoh Islam, diskusi, dan sosiodrama.Adapun nilai anti bullying yang diintegrasikan yaitu nilai persaudaraan, nilai perdamaian, nilai keadilan, nilai cinta dan kasih sayang, dan nilai kesetaraan manusia. Pada tahap evaluasi guru menyisipkan nilai anti bullying dalam bentuk soal cerita. Perubahan peserta didik yaitu dapat mengontrol ketika berbicara dengan temannya untuk tidak berkata kasar atau mengejek . Kata Kunci:Bullying, Integrasi,Pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Integrasi,Pembelajaran Akidah Akhlak.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kinanti Anggit Rahayu sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:23
Last Modified: 25 Apr 2024 06:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24381

Actions (login required)

View Item View Item