MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI PAUD ABACA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Feni, Wafaul Amanah (2024) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI PAUD ABACA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FENI WAFAUL AMANAH_MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI PAUD ABACA LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan hal penting dalam suatu lembaga pendidikan. Manajemen kurikulum yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran secara optimal akan mencapai tujuan pendidikan yang ada. Pemanfaatan TIK dalam proses pendidikan dapat membantu memperoleh informasi lebih cepat serta meningkatkan life skills, sebagai sumber pengetahuan, dan pendidik dapat dengan mudah mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di PAUD Abaca Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sember dan teknik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dalam manajemen kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi di PAUD Abaca Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes sangat memanfaatkan sarana dan prasarana teknologi informasi yang telah difasilitasi oleh pihak sekolah mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan pada awal semester yang melibatkan kepala sekolah dan guru merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dan diunggah ke sistem Semangka. Pada tahap pelaksanaan kurikulum mengimplementasikan aktivitas dari perencanaan kurikulum melalui program perkembangan belajar (sentra) dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang ada. Pada tahap evaluasi setiap akhir semester melakukan evaluasi terhadap materi, pendekatan, strategi dan penilaian dalam pembelajaran. Adapun evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara reflektif, evaluasi harian dan evaluasi per semester. Kata Kunci: Kurikulum, Manajemen, Teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Manajemen, Teknologi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Wafaul Amanah sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:23
Last Modified: 25 Apr 2024 06:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24380

Actions (login required)

View Item View Item