IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK DI MA AL HIKMAH 2 BREBES

M Romy, Zulmunir (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASIONAL BAGI PESERTA DIDIK DI MA AL HIKMAH 2 BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
M Romy Zulmunir_Implementasi Pendidikan Vokasional Bagi Peserta Didik di MA Al Hikmah 2 Brebes (3).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan peneliti membahas mengenai implementasi pendidikan vokasional yang ada di sekolah MA Al Hikmah 2, Brebes. Adapun tujuan mengenai penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai pendidikan vokasional di MA Al Hikmah 2, Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumen tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui tahapan wawancara, dokumentasi dan observasi pada saat penelitian, tahapan analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahapan uji keabsahan data menggunakan tringulasi data dengan sumber, tringulasi metode dan tringulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan vokasional di MA Al Hikmah 2 sebagai berikut : (1). Perencanaan sangat di perlukan untuk mewujudkan sebuah program yang maksimal, oleh karena itu pada penerapan pendidikan vokasional dibutuhkan beberapa tahap awal program seperti planning, organizing, actuating dan controling. (2). Pelaksanaan pendidikan vokasional di MA Al Hikmah 2 menggunakan metode coaching, yang berupa bimbingan langsung dari tenaga profesional ataupun koordinator setiap unit keterampilan. Dan metode praktik secara langsung dimana peserta didik melaksanakan pendidikan keterampilan lebih banyak praktik dibanding teori (3). Evaluasi pendidikan vokasi menggunakan teknik observasi yaitu guru pendamping maupun koordinator mengontrol setiap kegiatan pendidikan vokasi ke lapangan dan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yaitu waktu pelaksanaan dan sarana prasarana dalam penunjang kegiatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Vokasional, Peserta Didik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Romy zulmunir sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:32
Last Modified: 25 Apr 2024 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24371

Actions (login required)

View Item View Item