PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA'ARIF NU BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

ELSA, MARTIANA (2024) PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA'ARIF NU BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ELSA MARTIANA_PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA'ARIF NU BANJARSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kunci untuk memiliki peserta didik berkualitas adalah melalui pendidikan berkualitas, yang sangat tergantung pada kualitas guru. MI Ma’arif NU Banjarsari di Kabupaten Banyumas telah mencapai prestasi baik dalam bidang akademik maupun non�akademik, yang tidak lepas dari peran guru. Namun, untuk memastikan kualitas pendidikan terus meningkat, peningkatan kompetensi pedagogik guru menjadi kebutuhan mendesak. Fokus penelitian skripsi ini adalah bagaimana peningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Ma’arif NU Banjarsari? Skripsi ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatkan kompetensi pedagogik guru MI Ma’arif NU Banjarsari. Pendekatan dalam penelitian ini rmenggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatkan kompetensi pedagogik guru di Mi Ma’arif Nu Banjarsari meliputi: 1) Kepala madrasah aktif mengikutsertakan guru dalam diklat, seminar, workshop, dan KKG untuk meningkatkan keterampilan mereka. 2) Guru mendapat dukungan penuh untuk studi lanjut sebagai upaya meningkatkan kualitas pengajaran. 3) Guru diharapkan memiliki pemahaman mendalam tentang filosofi pendidikan Islam, teori pendidikan, kebijakan pendidikan, serta konteks lokal dan budaya.4) Guru mampu memahami karakteristik individu peserta didik untuk merancang strategi pembelajaran yang sesuai. 5) Kurikulum di MI Ma’arif NU Banjarsari mengikuti standar nasional dan prinsip-prinsip pendidikan Islam. 6) Guru merencanakan pembelajaran yang efektif dan terstruktur dengan tujuan pembelajaran yang jelas. 7) Pendekatan pembelajaran yang mendidik dan dialogis ditekankan, dengan guru sebagai fasilitator. 8) Kepala madrasah memastikan tersedianya fasilitas pembelajaran yang memadai, termasuk teknologi pembelajaran. 9) Evaluasi hasil belajar dilakukan secara berkelanjutan untuk merancang program pengembangan profesional yang sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: “Peningkatan Kompetensi, Kompetensi Pedagogik”
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Elsa Martiana sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:16
Last Modified: 25 Apr 2024 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24369

Actions (login required)

View Item View Item