PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STUDI ETNOMATEMATIKA PADA BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA SMP KELAS VII

Mir Atun, Nisa (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STUDI ETNOMATEMATIKA PADA BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISSISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MIR ATUN NISA_2017407084.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Modul Pembelajaran Berbasis Studi Etnomatematika pada Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII pada materi aritmatika sosial yang memenuhi kriteria kevalidan dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ahli materi dan etnomatematika, ahli media yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek penelitian ini adalah Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis studi etnomatematika pada budidaya tanaman hidroponik dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil presentase pada validasi ahli materi dan etnomatematika sebesar 90%, ahli media sebesar 96%, penilaian guru sebesar 90%, penilaian uji kelompok kecil sebesar 87,3%, dan penilaian uji lapangan sebesar 88,61%. Selanjutnya modul pembelajaran berbasis etnomatematika yang dikembangkan juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,78 berkategori “Tinggi”, lebih baik dari rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32 berkategori “Sedang”. Kedua data tersebut di uji menggunakan uji t dua sampel bebas bagian signifikasi (2-tailed) equal variances not assumed diperoleh hasil yaitu 0,000 kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterimaKata Kunci: Pengembangan, Modul, Etnomatematika, Hidroponik Abstract: This study aims to develop and produce an Ethnomathematics-Based Learning Module on Hydroponic Plant Cultivation to Improve the Mathematical Problem Solving Ability of Class VII Junior High School Students on Social Arithmetic Material that meets the criteria of validity and effectiveness. This type of research is a development research (Research and Development) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects of this study are grade VII students, material and ethnomathematics experts, media experts who come from lecturers and teachers of mathematics subjects. The object of this research is an Ethnomathematics-Based Learning Module on Hydroponic Plant Cultivation to Improve the Mathematical Problem Solving Ability of Class VII Junior High School Students. Data collection instruments in the form of questionnaires. The data obtained is then analyzed by qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. The results of this study showed that the ethnomathematics study-based learning module on hydroponic plant cultivation was declared valid and suitable for use with percentage results in the validation of material experts and ethnomathematics of 90%, media experts of 96%, teacher assessment of 90%, small group test assessment of 87.3%, and field test assessment of 88.61%. Furthermore, the ethnomathematics-based learning module developed was also declared effective in improving students' mathematical comprehension skills with the results of the experimental class N-Gain score of 0.78 in the "High" category, better than the control class N-Gain score of 0.32 in the "Medium" category. Both data were tested using a t-test of two samples free of signification (2-tailed) equal variances not assumed obtained results of 0.000 less than 0.05 so that H0 was rejected and H1 was acceptedKeywords: Development, Module, Ethnomathematics, Hydroponics

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Etnomatematika, Hidroponik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mir Atun Nisa sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:40
Last Modified: 25 Apr 2024 04:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item