PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 CILONGOK

KHASAN, LATIFUDIN (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KHASAN LATIFUDIN_PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 CILONGOK.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatakan pembelajaran kontekstual berbantu media audio visual terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Cilongok. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design yang mana desain penelitian ini merupakan peningkatan dari True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Cilongok yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling jenuh, dimana semua anggota populasi adalah sebagai sampel. Peneliti mengambil sampel secara acak dilakukan dengan undian, yang nantinya kedua kelas tersebut diundi untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol, terpilihlah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa test untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Tes yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pretest dan posttest. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbantu media audio visual terhadapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Cilongok, perolehan rata-rata N-Gain kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen adalah 0,714947 dimana nilai tersebut kedalam kategori tinggi, rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol adalah 0,47583 termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Media Audio Visual, Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Kontekstual.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: KHASAN LATIFUDIN sdr
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:25
Last Modified: 25 Apr 2024 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24355

Actions (login required)

View Item View Item