PERSEPSI MASYARAKAT DI KECAMATAN SUMBANG TERHADAP MARAKNYA BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL WHATSAPP (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Desa Susukan Kecamatan Sumbang)

Lutfiyah Agustin, Ambar Sary (2024) PERSEPSI MASYARAKAT DI KECAMATAN SUMBANG TERHADAP MARAKNYA BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL WHATSAPP (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Di Desa Susukan Kecamatan Sumbang). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTFIYAH AGUSTIN AMBAR SARY_PERSEPSI MASYARAKAT DI KECAMATAN SUMBANG TERHADAP MARAKNYA BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL WHATSAPP (STUDI KASUS IBU RUMAH TANGGA DI DESA SUSUKAN KECAMATAN SUMBANG).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Media sosial merupakan suatu perantara bagi manusia untuk berkomunikasi. Pada zaman yang terus berkembang masyarakat tidak dapat meninggalkan media sosial. Setiap individu memiliki pengalaman positif atau negatif. Persepsi masyarakat terhadap berita hoax merupakan salah satu masalah yang harus di teliti karena sudah menimbulkan beberapa efek seperti yang terjadi di desa susukan kecamatan sumbang. Pada elemen persepsi berita hoax tersebut apabila berita tidak terbukti kebenarannya, tidak terdapat sumber yang jelas sudah di pastikan berita hoax. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efek yang di timbulkan setelah ibu rumah tangga mengerti adanya berita hoax di media sosial whatsapp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan dalam mengumpulkan data dengan menggunakan metode obserasi, wawancara serta dokumentasi yang melibatkan warga desa susukan khususnya warga RW 04 dengan jenis ibu rumah tangga. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak semua masyarakat memahami berita Mereka mungkin dengan cepat mempercayai dan menyebarkan berita yang dibagikan tanpa mempertimbangkan kebenarannya. Meskipun sebagian dari mereka mengenali tanda-tanda berita palsu, namun mereka acuh terhadap penyebaran berita semacam itu. Berita Hoax merupakan informasi yang di sebarkan tetapi kebenaranya belum pasti terjadi. Pada persepsi masyarakat terhadap maraknya berita hoax di media social WhatsApp yang terjadi menghasilkan bahwa masyarakat masih awam adanya berita hoax tersebut. Terjadinya berita hoax pada akhirnya akan menimbulkan berbagai efek yang di alami oleh ibu rumah tangga yaitu menguntungkan pihak tertentu dan membuat berita fakta tidak bisa di yakini kebenarannya. Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Berita Hoax, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Berita Hoax, Media Sosial
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
700 The arts > 704 Special topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Lutfiyah Agustin Ambar Sary sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:16
Last Modified: 25 Apr 2024 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item