PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MELALUI PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 2 PURWOKERTO

Siti, Komariah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MELALUI PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP N 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siti Komariah - Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Melalui Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 2 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika sebagai kemampuan dasar matematika dan strategi dari proses penyelesaian masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 2 Purwokerto, dikarenakan pembelajaran yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa cepat bosan dalam belajar. Oleh karena itu, media pembelajran memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan adanya perkembangan ilmu dan tekhnologi, media pembelajaran yang dikembangkan harusnya lebih inovatif. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan realistik yang valid dan efektif untuk mrningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis android dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil presentase pada validasi ahli yaitu validator pertama sebesar 94,23%, validator kedua sebesar 92,30%, penilaian guru sebesar 92,30%, penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 89,87% dan penilaian uji lapangan sebesar 89,77%. Kemudian, media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan dengan hasil nilai rata-rata nilai post- test kelas eksperimen sebesar 88,31 lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 60,78. Kemudian berdasarkan uji-t terhadap post-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 dimana hasil tersebut lebih kecil dari batas taraf signifikansi 0,05. Maka pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan realistik efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwokerto. Kata Kunci : Android, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Pembelajaran Abstract: Students' mathematical problem solving abilities are problem solving abilities in mathematics learning as basic mathematical abilities and strategies for the problem solving process. This research was motivated by the low mathematical problem solving abilities of students at SMP Negeri 2 Purwokerto, because learning still uses conventional learning methods which causes students to quickly get bored with learning. Therefore, learning media has an important role in improving students' mathematical problem solving abilities. With developments in science and technology, the learning media developed should be more innovative. Therefore, the aim of this research is to develop Android-based learning media with a realistic approach that is valid and effective to improve the mathematical problem solving abilities of class VIII students on flat-sided geometric material. The research method used in this research is Research and Development (R&D). The results of this research show that Android-based learning media is declared valid and suitable for use with percentage results in expert validation, namely the first validator is 94.23%, the second validator is 92.30%, the teacher's assessment is 92.30%, the group trial assessment small amounted to 89.87% and field test assessment amounted to 89.77%. Then, the Android-based learning media developed was effective in improving students' mathematical problem solving abilities with the results of the experimental class post-test average score being 88.31, better than the control class average score of 60.78. Then, based on the t-test on the post-test, a significance value of 0.000 was obtained, where this result was smaller than the significance level limit of 0.05. So learning using Android-based learning media with a realistic approach is effective in improving students' mathematical problem solving abilities in class VIII flat-sided geometric material at SMP Negeri 2 Purwokerto. Keywords: Android, Problem Solving Ability, Learning Media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Komariah sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:13
Last Modified: 25 Apr 2024 03:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24353

Actions (login required)

View Item View Item