Strategi Dakwah Takmir Masjid Gelora Indah Purwokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jama'ah

Lia, Zahrotul Insani (2024) Strategi Dakwah Takmir Masjid Gelora Indah Purwokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Jama'ah. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Lia Zahrotul Insani_Stratrgi Dakwah Takmir Masjid Dalam Meningkatkan Pelayanan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan masjid yang semakin banyak ternyata tidak di imbangi dengan upaya memakmurkannya. Tidak semua masjid yang dibangun bisa mengoptimalkan fungsinya karena masjid hanya identik dengan tempat shalat, tidak lebih dari itu, ada beberapa masjid yang bahkan tidak digunakan shalat jamaah lagi karena pelayanan maupun sarana dan prasarana yang kurang memadai, sehingga banyak masjid telah dibangun tetapi sepi dari jamaah. Masjid Gelora Indah Purwokerto yang berdiri di Jln. Gelora indah 1 No. 26, Mangunjaya, Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas yang menjadikan jembatan baru bagi warga kapling agar dapat meningkatkan kesadaran dan kedekatan serta memperkokoh ketaqwaan dan ibadah sehari-hari, dimana sebelumnya warga kapling jarang mengikuti kegiatan masjid, namun dengan adanya peningkatan pelayanan di masjid yang membuat jamaah merasa nyaman. Masjid Gelora Indah bukan hanya memberi fasilitas tempat ibadah bagi jamaahnya, namun disekitar masjid diberikan fasilitas lainnya yang mana jamaah merasa memiliki masjid dengan seutuhnya. Metode yang digunakan yang penulis adalah pendekatan kualitatif. pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait strategi dakwah takmir masjid gelora indah Purwokerto dalam meningkatkan pelayanan terhadap jama’ah. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi dakwah takmir dalam meningkatkan pelayanan di masjid Gelora Indah dapat dilihat dari beberapa kegiatan, aktivitas, perawatan dan perbaikan yang sering dilakukan melalui pelayanan sarana prasarana, ibadah, pendidikan, dan sosial. Strategi ini telah dilakukan sesuai dengan seharusnya, mulai dari perumusan, implementasi, dan evaluasi melalui kegiatan seperti kajian rutin, phbi, tahsin, tpq, sunat masal, donatur infaq dan sedekah, dan sebagainya, dengan adanya perumusan yang terstruktur, penyusunan program kerja hingga proses implementasi program yang menjadikan setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Takmir Masjid, Pelayanan Publik
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Lia Zahrotul Insani sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:00
Last Modified: 25 Apr 2024 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item