PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI INKLUSI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN

Yeni, Rahmawati (2024) PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI INKLUSI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YENI RAHMAWATI_Penggunaan Alat Peraga Sederhana Pada Pembelajaran IPA Kelas IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

IPA MERUPAKAN SALAH SATU MATA PELAJARAN YANG DI DALAMNYA MEMUAT MATERI TENTANG KEHIDUPAN SEHARI-HARI. PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA MENJADI SALAH SATU HAL YANG SANGAT DIPERLUKAN BAGI GURU UNTUK BISA MENYAMPAIKAN DAN MENJELASKAN MAKSUD DARI MATERI YANG TELAH DIJELASKAN. ADANYA PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA YANG MUDAH DIPAHAMI MENJADI DAYA TARIK TERSENDIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA INI DIJADIKAN INOVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU KELAS IVA MI INKLUSI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IVA MI INKLUSI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN. TUJUAN DARI ADANYA PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENDESKRIPSIKAN DAN MENGANALISA DAMPAK PENGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IVA MI INKLUSI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN YANG DATA-DATANYA MELIPUTI PERENCANAAN, LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN, EVALUASI DAN DAMPAK DARI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JENIS PENELITIAN INI ADALAH KUALITATIF DENGAN DESAIN DESKRIPTIF. TEKNIK PENGUMPULAN DATANYA DENGAN OBSERVASI, WAWANCARA DAN DOKUMENTASI. SUBJEK DARI PENELITIAN INI ADALAH KEPALA MADRASAH, GURU KELAS IVA, DAN SISWA KELAS IVA. TEKNIK ANALISIS DATANYA MENGGUNAKAN ANALISIS DESKRIPTIF DENGAN CARA REDUKSI DATA, PENYAJIAN DATA, DAN PENARIKAN KESIMPULAN. DARI HASIL PENELITIAN DAPAT DISIMPULKAN BAHWA PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IVA DI MI INKLUSI SALAFIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN ADA TIGA TAHAPAN YAITU TAHAP AWAL, TAHAP INTI DAN TAHAPAKHIR. DARI TAHAPAN TERSEBUT MENGHASILKAN KESIMPULAN BAHWA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MAMPU MEMBUAT MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENJADI MENINGKAT, HAL INI TERBUKTI DARI MENINGKATNYA ANTUSIASISME PESERTA DIDIK SAAT MENGIKUTI PELAJARAN, SEHINGGA PENGGUNAAN ALAT PERAGA SANGAT PENTING DILAKUKAN BAGI SEORANG GURU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Peraga Sederhana, Pembelajaran IPA, Motivasi Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yeni Rahmawati
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:18
Last Modified: 25 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24349

Actions (login required)

View Item View Item