PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG

Dwia Imami, Hidayati (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEDUNGBANTENG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWIA IMAMI HIDAYATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Dalam pembelajaran matematika, kemampuan literasi matematis penting untuk dimiliki oleh siswa karena dapat membantu siswa mengenali peran matematika dan menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematis siswa salah satunya adalah media dan alat pembelajaran. Berdasarkan kurikulum merdeka yang berlaku pendidik dapat leluasa untuk menggunakan berbagai media yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan modul matematika berbasis kurikulum merdeka sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kedungbanteng yang berjumlah 251 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B dengan 36 siswa sebagai kelas kontrol dan VII D dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi ahli, angket guru dan angket siswa serta tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil persentase validasi ahli materi 89% kategori “sangat valid”, ahli media 93% kategori “sangat valid”, ahli kurikulum 90% kategori “sangat valid”, penilaian guru 94% kategori “sangat valid”, penilaian siswa uji coba kelompok kecil 86,5 kategori “sangat menarik”, dan penilaian siswa uji coba lapangan 86% kategori “sangat menarik”. Selanjutnya modul matematika berbasis kurikulum merdeka yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan hasil rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 82,08 lebih tinggi dari hasil rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 39,28 dan dengan hasil uji-t yang mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Modul, Kurikulum Merdeka, Kemampuan Literasi Matematis. Abstract: In mathematics learning, mathematical literacy skills are important for students to have because they can help students recognize the role of mathematics and solve everyday life problems. One of the factors that affect students' mathematical literacy ability is media and learning tools. Based on the applicable independent curriculum, educators can freely use various media that can be tailored to the needs and interests of students. The purpose of this study is to develop an independent curriculum-based mathematics module as an alternative to improve students' mathematical literacy skills. The type of research used is Research and Development with a quantitative approach. The population in this study was grade VII students of SMP Negeri 2 Kedungbanteng which amounted to 251 students. The sample of this study was class VII B with 36 students as the control class and VII D with 36 students as the experimental class. Data collection in this study used instruments in the form of expert validation questionnaires, teacher questionnaires and student questionnaires as well as mathematical literacy ability tests. The results of this study showed that the module was declared valid and suitable for use with the results of the percentage of material expert validation 89% of the "very valid" category, media experts 93% of the "very valid" category, curriculum experts 90% of the "very valid" category, teacher assessment 94% of the "very valid" category, small group trial student assessment 86.5 of the "very interesting" category, and field trial student assessment 86% of the "very interesting" category. Furthermore, the independent curriculum-based mathematics module was developed effectively to improve students' mathematical literacy skills based on the experimental class post-test average result of 82.08, higher than the control class post-test average result of 39.28 and with t-test results that obtained a significance value of 0.000 < 0.05. Keywords: Module, Independent Curriculum, Mathematical Literacy Ability.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Kurikulum Merdeka, Literasi Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dwia Imami Hidayati sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:14
Last Modified: 25 Apr 2024 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24348

Actions (login required)

View Item View Item