PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOMUNITAS RUMAH LENGGER (Studi Pada Penari Lengger Lanang Di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas)

Nabilah nurul, amalia (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KOMUNITAS RUMAH LENGGER (Studi Pada Penari Lengger Lanang Di Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NABILAH NURUL AMALIA_PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI KOMUNITAS RUMAH LENGGER.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Banyumas merupakan daerah yang terkenal dengan tarian daerahnya, yakni Lengger Lanang yang melegenda dan terkenal hingga kancah internasional. Keberadaann penari lanang ini di lestarikan melalui Rumah Lengger yakni sebuah komunitas yang bergerak dalam pelestarian budaya tari lengger Banyumas. Dengan pemberdayaan yang di lakukan merupakan sebuah bentuk kepedulian para pegiat seni terhadap keberadaan Lengger Lanang sebagai kebudayaan asli Banyumas .Pada prose ini Penari Lengger Lanang di arahkan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang seniman yang berdaya yang dapat memanfaatkan peluang dan memenuhi kebutuhan hidupnya melalui kemampuan, potensi serta skill yang ada pada dirinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prose pemberdayaan penari lengger lanang berbasis komunitas di Komunitas Rumah Lengger. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi seerta teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Lengger menjadi wadah bagi para Penari Lengger Lanang untuk nelajar dan agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat. Keberhasilan komunitas Rumah Lengger berasal dari dua pihak yakni selaku Pendiri Rumah Lengger dan juga pemerintahan Kabupaten Banyumas yang senantiasa mendukung dan memberikan apresiasi terhadap para penari auntuk terlibat dalam kegiatan pemerintahan. Rumah Lengger mampu membawa para penari lengger lanang dari Banyumas untuk dapat tampil hingga ke acara-acara luar negeri. Berkat adanya rumah lengger para penari Lengger Lanang kini dapat memperoleh perbaikan usaha, pendapatan dan kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Rumah Lengger, Pemberdayaan Masyarakat, Skripsi Pemberdayaan Masyarakat, Komunitas ,Pemberdayaan Masyarakat berbasis Komunitas, Komunitas Rumah Lengger Lanang Bnayumas
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.65 Organisasi Profesi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nabilah Nurul amalia
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:25
Last Modified: 25 Apr 2024 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24337

Actions (login required)

View Item View Item