MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS N 4 TEGAL DESA PUCANGLUWUK KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL

Silmi, Nikhayatuz Zaen (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS N 4 TEGAL DESA PUCANGLUWUK KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
manajemen pembelajaran_skripsi silmi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang bermutu serta berkualitas, merupakan sebuah kebutuhan dalam menentukan dan meningkatkan nilai kehidupan seseorang dimasa yang akan datang. Pendidikan yang ada senantiasa beradaptasi serta berevolusi, terlebih da-lam zaman globalisasi yang berkembang sangat cepat, menjadikan pendidikan se-bagai tumpuan dalam membentuk manusia yang berkualitas baik dari segi akade-mik, non akademik, sikap mental spiritual dan keterampilan yang memadai. Seperti halnya program dan kebijakan akan pendidikan karakter yang telah menjadi perge-rakan nasional, dilakukan selama bertahun-tahun. Akan tetapi, belum ada hasilnya yang tertanam pada jiwa peserta didik Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Pembelajaran Berbasis Pendidikan karakter di MTS N 4 Tegal guna mewujudkan tujuan secara efekif dan efesien. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi yang menggunakan uji keabsahaan data tringulasi teknik serta analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat diketahui manajemen pembelajaran berbasis pendidikan karakter di MTS N 4 Tegal meliputi tahapan 1) Perencanaan pembelajaran pen-didikan karakter di MTS N 4 Tegal disusun dengan melibatkan Kepala Madrasah, dewan guru serta komite madrasah. Adapun bagi guru dalam merencanakan pen-didikan karakter adalah dengan Menyusun silabus dan RPP yang di dalamnya memuat nilai-nilai karakter kemudian di integrasikan ke dalam mata pelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di MTS N 4 Tegal guru mengimplementasikan pendidikan karakter yang termuat dalam RPP dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang guru rancang 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan karakter di MTS N 4 Tegal melalui tiga tahap: penilaian pembelajaran, penilaian semester dan penilaian kinerja guru yang dilakukan oleh kepala madrasah. khususnya penilaian pembelajaran guru menggunakan metode proses, sedangkan penilaian semester menggunakan metode hasil untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Karakter
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools > 149 Other philosophical systems
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Silmi Nikhayatuz Zaen sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:15
Last Modified: 25 Apr 2024 02:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item View Item