IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH PRAKTIS SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF NU 2 CILONGOK

Sri, Vindi (2024) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH PRAKTIS SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF NU 2 CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sekripsi Sri Vindiyani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasannya pentingnya pendidikan agama di madrasah yaitu untuk membina dan mengasuh siswa agar senantiasa dapat memahami ajaran islam secara menyeluruh. Apalagi masalah tentang thoharoh, karena masih banyak siswa yang belum mengerti tentang thoharoh dengan benar. Thoharoh dalam islam sangatlah penting dan dianjurkan dalam ibadah agama islam. Hal ini dapat kita lihat dari posisi thoharoh yang tidak lepas dari ibadah, karena thoharoh merupakan salah satu syarat sebelum kita melakukan dari ibadah seperti sholat yaitu harus dalam keadaan suci, karena banyaknya siswa yang belum mengerti tata cara bersuci dengan benar menurut syariat islam terutama dalam hal berwudhu, mereka cenderung hanya melakukan saja tanpa tahu apakah sudah sesuai dengan syariat islam atau belum. Karena pemahaman dan pengamalan yang mereka dapat dalam mempraktekkan bersuci tidak selalu sama. Tujuan penelitian ini adalah melihat keevektivitasan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan pengamalan inadah praktik ibadah siswa. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan ( field research). Objek penelitiannya adalah implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih untuk meningkatkan pengamalan ibadah praktik siswa kelas VII Mts Ma'arif NU 2 Cilongok. Sedangkan subjek penelitiannya adalah Bapak Guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu,tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik reduksi data, penyajian data dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiaih untuk meningkatkan pengamalan ibadah praktik disini terdapat beberapa tahapan yaitu adanya perencanaan pembelajaran, proses implementasi metode demonstrasi, dan evaluasi sehingga dari tahapan-tahapan tersebut yang akhirnya pembelajaran dapat meningkatkan pengamalan ibadah praktik siswa sangatlah bagus dan bermanfaat bagi peserta didik untuk berpedoman dalam melakukan aktifitas wudhu yang baik menurut syariat islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, pembelajaran fiqih, pengamalan ibadah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.11 Bersuci (Taharah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Vindiyani sdr
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:46
Last Modified: 25 Apr 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24308

Actions (login required)

View Item View Item