PENERAPAN METODE BACA CANTOL ROUDHOH UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TK NAKITA INSAN MULIA PURWOKERTO

Kholifah, Tri (2024) PENERAPAN METODE BACA CANTOL ROUDHOH UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TK NAKITA INSAN MULIA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Kholifah Tri Setyawati_PENERAPAN METODE BACA CANTOL ROUDHOH UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI TK NAKITA INSAN MULIA PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan Metode Baca Cantol Roudhoh dalam pembelajaran dapat membuat anak tertarik dan anak mau berlama-lama untuk belajar membaca hal ini akan merangsang kognitif pada diri anak. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Metode Baca Cantol Roudhoh di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik di TK Nakita Insan MuliaPurwokerto. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode Baca Cantol Roudhoh untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto telah sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh Roudhoh Pusat di Bandung. Proses penggunaan Metode Baca Cantol Roudhoh untuk paket A yaitu memperkenalkan cantolan dengan kata “baju” (ba,bi,bu,be,bo), “cabe” (ca,ci,cu,ce,co), “dadu” (da,di,du,de,do), “fanta” (fa,fi,fu,fe,fo). Setelah mencapai target, dilanjutkan ke paket B, yaitu masuk pada perkenalan kelompok vokal (a, i, u, e, o). Penggunaan Metode Baca Cantol Roudhoh untuk menstimulasi perkembangan kognitif di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan delapan anak telah mampu membaca namanya sendiri dengan lengkap dan benar, anak-anak mampu membedakan huruf vocal dan konsonan, anak-anak mampu menghubungkan gambar dengan tulisan, dan anak-anak mampu mengelompokan gambar yang mempunyai bunyi huruf awalan yang sama. Kata Kunci: Metode Cantol Roudhoh, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Cantol Roudhoh, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Kholifah Tri Setyawati sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:53
Last Modified: 25 Apr 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24307

Actions (login required)

View Item View Item