PENANAMAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI RA DIPONEGORO 26 KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Iffah, Korimah (2024) PENANAMAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI RA DIPONEGORO 26 KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IFFAH KORIMAH_PENANAMAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI DI RA DIPONEGORO 26 KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini yang dimana metode pembelajaran yang digunakan di RA Diponegoro 26 Kedungbanteng Banyumas dapat menumbuhkan dan mendorong anak didik untuk mengamalkan nilai keagamaan dan budi pekerti, baik dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Hal ini ditandai dengan berubahnya sikap dan perilaku anak, dari yang tidak tahu menjadi tahu dan dapat membedakan yang baik dan buruk kemudian dipraktekkan baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Di sini menanamkan nilai agama dan budi pekerti pada anak, yaitu dengan hafalan doa-doa, suratan pendek dan hadits, mengucapkan kalimat thayyibah, mengaji, kegiatan latihan shalat berjamaah, berjabat tangan saat awal kegiatan serta pembelajaran wudhu. Metode yang digunakan dalam penanaman nilai agama dan budi pekerti. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai agama dan budi pekerti di RA Diponegoro 26 Kedungbanteng? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Disajikan dalam bentuk deskriptif bertujuan untuk menggambarkan proses yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah penanaman nilai agama dan budi pekerti. Sedangkan subjeknya yaitu guru, peserta didik, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan pengumpulan data. Sedangkan untuk analisa dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai agama dan budi pekerti pada anak dilakukan dengan cara menyampaikan materi yang pokok ajarnnya yaitu nilai keimanan (akidah), nilai akhlak, dan nilai ibadah. Dimana hal ini dibarengi dengan metode yang dapat menanamkan nilai agama dan budi pekrti pada anak. Metode yang digunakan antara lain metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode perhatian atau pengawasan, metode hukuman, metode demonstrasi, metode bercerita, metode karya wisata, dan metode bernyanyi. Kata Kunci : Penanaman, Nilai Agama dan Budi pekerti, Raudhatul Athfal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Penanaman, Nilai Agama dan Budi pekerti, Raudhatul Athfal
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.1 Iman Kepada Allah
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IFFAH KORIMAH sdr
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:42
Last Modified: 25 Apr 2024 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item