PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KOORDINAT KARTESIUS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL ASY'ARIYAH KABUPATEN PEMALANG

Balya, Abil Abbas (2024) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KOORDINAT KARTESIUS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL ASY'ARIYAH KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
BALYA ABIL ABBAS_PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KOORDINAT KARTESIUS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS AL ASY'ARIYAH KABUPATEN PEMALANG.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan menganalisis, menggeneralisasi, mensintesis atau mengintegrasikan, memberikan alasan yang tepat, dan menyelesaikan masalah tidak rutin. Metode Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan koordinat kartesius diperlukan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran problem based learning berbantuan media papan koordinat kartesisus terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di MTs Al Asy’ariyah Kabupaten Pemalang sebanyak 68 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Asy’ariyah Kabupaten Pemalang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh hasil bahwa kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi dengan rata-rata-rata sebesar 0,79. Sedangkan kelas kontrol tergolong dalam kategori sedang dengan rata-rata sebesar 0,62. Dengan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen yang lebih besar dari rata-rata N-Gain kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem based learning berbantuan media papan koordinat kartesius berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di MTs Al Asy’ariyah Kabupaten Pemalang Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Media Papan Koordinat Kartesius, Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Media Papan Koordinat Kartesius, Metode Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Balya Abil Abbas sdr
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:40
Last Modified: 25 Apr 2024 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24302

Actions (login required)

View Item View Item