MAKNA KEGIATAN MATANG PULUHAN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ILMI KECAMATAN PEKUNCEN (ANALISIS TRANSENDENTAL HUSSERL: INTENSIONALITAS, NOEMA DAN NOESIS)

Estrin Salas, Oktarian (2024) MAKNA KEGIATAN MATANG PULUHAN BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL ‘ILMI KECAMATAN PEKUNCEN (ANALISIS TRANSENDENTAL HUSSERL: INTENSIONALITAS, NOEMA DAN NOESIS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Estrin Salas Oktarian_ Makna Kegiatan Matang puluhan Bagi Santri Pondok Pesantren Roudlotul ‘Ilmi Kecamatan Pekuncen Analisis Transendental Husserl Intensionalitas, Noema Dan Noesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana praktek kegiatan matang puluhan serta bagaimana makna kegiatan matang puluhan tersebut bagi santri di Pondok Pesantren Roudlotul ‘Ilmi Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas.Subjek penelitian ini adalah santri tahfidz serta alumni tahfidz pesantren Roudlotul ‘Ilmi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumentasi. Data primer penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dengan subjek penelitian sebagai proses awal analisis. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan teori transcendental Husserl, yakni menggunakan analisis intensionalitas, noema dan noesis. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa kegiatan matang puluhan merupakan suatu kegiatan berpuasa dan menghatamkan Al-Qur’an 30 juz dalam sehari sebanyak 41 hari bagi setiap santri tahfidz yang telah menyelesaikan setoran hafalannya sebanyak 30 juz.Praktek/pelaksanaan kegiatan tersebut umumnya dilakukan di bulan Sya’ban sampai Syawal. Makna kegiatan matang puluhan bagi santri dapat dimaknai menjadi beberapa hal yaitu sebagai sarana untuk menjaga dan memperlancar hafalan Al-Qur’an, mendekatkan diri dengan Al-Qur’an, mendekatkan diri kepada Allah, melancarkan rezeki, mengoreksi hafalan Al-Qur’an, mentaati perintah guru, serta bermakna sebagai sesuatu yang istimewa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Matang Puluh, Tahfidz.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Estrin Salas Oktarian sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:37
Last Modified: 25 Apr 2024 01:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24297

Actions (login required)

View Item View Item