TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM DENDA OLEH JASA LAUNDRY DI KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

Nur, Khuzaemah (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM DENDA OLEH JASA LAUNDRY DI KECAMATAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur-Khuzaemah_Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Denda Oleh Jasa Laundry di Kecamatan Purwokerto Utara..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Denda merupakan sanksi berupa pembayaran uang yang harus dilakukan sebagai akibat melanggar aturan, undang-undang, dan sebagainya. Dalam penelitian ini, lokasi penelitian berada di K Wash Expres Coin Laundry dan Gemilang Laundry terletak di Kecamatan Purwokerto Utara. Dalam prakteknya, pelanggan sering tidak diberitahu tentang ketentuan denda oleh karyawan, sehingga ketika melewati batas waktu pengambilan yang telah ditentukan, pelanggan merasa terkejut dengan adanya denda yang harus dibayar. Selain itu, jika pelanggan tidak mengambil cucian mereka, hal tersebut mengakibatkan kerugian bagi jasa laundry. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sistem denda pada Jasa Laundry menurut Hukum Ekonomi Syariah. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan Jenis penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan deskriptif analitis, pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa denda pada kedua jasa laundry sesuai Fatwa Dewan Syariah Nasional No.17/DSN-MUI/IX/2000, dimana peneliti menggunakan metode Ilh}a>q al-Masa>il bi Naz}a>irih}a> pada jasa laundry dengan nasabah pada LKS (Lembaga Keuangan Syariah) yang sama-sama dibolehkan mengenakan denda. Serta kerugian yang didapatkan oleh jasa laundry sesuai dan sejalan dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional No.43/DSN-MUI/VIII/2004 mengenai ta’widh} (ganti rugi) yang peneliti gunakan metode ilh}a>q pada nasabah di LKS (Lembaga Keuangan Syariah) dengan Customer (pelanggan) jasa laundry. Kata Kunci: Denda, Penyelenggara Jasa Laundry

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Denda, Penyelenggara Jasa Laundry
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Khuzaemah sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:23
Last Modified: 25 Apr 2024 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24290

Actions (login required)

View Item View Item