STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Toko Busana Mbak Asih Desa Tanjungtirta, Punggelan, Banjarnegara)

Nurul, Fitriani (2024) STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Toko Busana Mbak Asih Desa Tanjungtirta, Punggelan, Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Fitriani SKRIPSI Lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan pesat yang terjadi pada bidang usaha fashion berpengaruh pada tingkat persaingan yang semakin tinggi. Tingginya tingkat persaingan tersebut membuat para pelaku usaha harus senantiasa memperhatikan strategi pemasarannya. Strategi pemasaran merupakan cara yang digunakan oleh pelaku usaha, meliputi perencanaan, penentuan harga, dan pendistribusian produk untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Strategi pemasaran juga diterapkan oleh toko busana Mbak Asih yang ada Desa Tanjungtirta. Meskipun lokasinya kurang strategis, namun toko busana Mbak Asih masih ramai konsumen karena menggunakan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan target pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan, perkembangan minat beli konsumen, serta kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran yang diterapkan di toko busana Mbak Asih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di toko busana Mbak Asih Desa Tanjungtirta. Subjek penelitian meliputi pemilik toko busana Mbak Asih dan konsumen. Objek yang diteliti berupa strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan triangulasi data. Data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dibandingkan agar diperoleh hasil yang valid. Hasilnya kemudian dipaparkan, dibahas, dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa toko busana Mbak Asih telah menggunakan strategi pemasaran dengan menerapkan lima elemen pemasaran, yaitu pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, sistem distribusi, dan promosi. Perkembangan minat beli konsumen cukup signifikan dari tahun ke tahun dilihat dari bertambahnya konsumen baru dan loyalitas konsumen yang diketahui dari para pelanggan yang melakukan pembelian kembali ke toko lebih dari tiga kali. Kelebihan strategi pemasarannya yaitu strategi pemasaran diterapkan berdasarkan target pasar, sementara kekurangannya yaitu fasilitas belum memadai. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Elemen Pemasaran, Minat Beli Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Elemen Pemasaran, Minat Beli Konsumen
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Fitriani sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:11
Last Modified: 25 Apr 2024 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24280

Actions (login required)

View Item View Item