IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP MA'ARIF NU 1 CILONGOK

Isna, Umniyyatul Karomah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP MA'ARIF NU 1 CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Isna Umniyyatul Karomah_Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP Ma'arif NU 1 Cilongok.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang dipusatkan pada penyelesaian masalah, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran, membantu mengembangkan pengetahuan yang baru, dan mencipatakan suasana yang nyaman dalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai implementasi model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif NU 1 Cilongok Banyumas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan guru adalah pembuatan Modul Ajar disesuaikan pada materi yang dibahas dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga tahap, diantaranya: (1) Kegiatan pendahuluan yang dilakukan dalam membuka pelajaran adalah salam, membaca doa, memeriksa kehadiran, mengaitkan materi terdahulu dengan materi yang akan dipelajari. (2) Kegiatan inti dimulai dengan orientasi masalah, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (3) Kegiatan penutup diakhiri dengan memberikan pertanyaan terkait materi yang sudah disampaikan, penugasan, membaca doa dan salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isna Umniyyatul Karomah Sdri
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:15
Last Modified: 25 Apr 2024 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24277

Actions (login required)

View Item View Item