PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KALIMAT TAYYIBAH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MA'ARIF NU 1 KARANGDADAP

Nadya, Windy tiffani (2024) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI KALIMAT TAYYIBAH MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MA'ARIF NU 1 KARANGDADAP. Skripsi thesis, Uin Profesor K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1917405129_SudahRevisi FIX_.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan pengaruh cooperative learning tipe make a match terhadap keaktifan siswa pada materi kalimat tayyibah mata pelajaran aqidah akhlak di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah mixed methods menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif yaitu sebagai deskripsi pengaruh cooperative learning tipe make a match sedangkan penelitian kuantitatif sebagai data siswa aktif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV B yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian adalah pengaruh cooperative learning tipe make a match terhadap keaktifan siswa pada materi kalimat tayyibah mata pelajaran aqidah akhlak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Ma’arif NU 1 Karangdadap yang berjumlah 48 siswa dan sampelnya menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan beberapa pertimbangan tertentu, maka jumlah sampel yang digunakan adalah 23 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data siswa aktif dianalisis secara kuantitatif menggunakan persentase keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dengan dihitung rata-rata akhir keaktifan siswa pada pertemuan 1,2 dan 3 menunjukkan hasil persentase sebesar 79,22% tergolong dalam kategori baik. Artinya ada peningkatan jika dibandingkan dengan hasil observasi pendahuluan dengan persentase sebesar 21,73% masuk kategori kurang sekali aktif. Dengan demikian, pengaruh cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi kalimat tayyibah mata pelajaran aqidah akhlak di kelas IV. Kata kunci: aqidah akhlak, cooperative learning, keaktifan siswa, make a match.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadya windy tiffani sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:28
Last Modified: 24 Apr 2024 08:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24266

Actions (login required)

View Item View Item