INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

NUR, KHIKMAH (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI MA’ARIF NU CIPETE KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NUR KHIKMAH_224120300003_TESIS MPGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis internalisasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Ma’arif NU Cipete kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelirian ini adalah Program ekstrakurikuler di MI Ma'arif NU Cipete, seperti Pramuka, Drumband, Hadroh, dan Silat Pagar Nusa, memiliki dampak besar dalam pengembangan karakter dan keterampilan peserta didik secara holistik. Mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga meniru perilaku positif dari teman-teman mereka. Konsep pemberdayaan juga penting, karena peserta didik diberdayakan melalui peran aktif dalam kegiatan tersebut, membantu mereka mengembangkan kemandirian dan keterampilan kepemimpinan. Penekanan pada nilai-nilai positif juga terlihat, memastikan bahwa setiap kegiatan ekstrakurikuler memperkuat karakter peserta didik, seperti kejujuran dan tanggung jawab. Dengan demikian, melalui kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik tidak hanya memperoleh pengalaman praktis, tetapi juga mengembangkan karakter dan keterampilan yang membantu pertumbuhan holistik mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Ekstrakurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR KHIKMAH sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:25
Last Modified: 24 Apr 2024 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24264

Actions (login required)

View Item View Item