BODYPOSITIVITY PEREMPUAN MUSLIM DI INDONESIA DALAM IKLAN WARDAH (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

Ani, Kurniawati (2024) BODYPOSITIVITY PEREMPUAN MUSLIM DI INDONESIA DALAM IKLAN WARDAH (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). Skripsi thesis, Universitas Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANI KURNIAWATI 1817102052 fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri kecantikan yang berkembang semakin pesat beberapa tahun ini menujukkan tingginya minat masyarakat terhadap penampilan. Berkembangnya industry kecantikan juga berdampak pada banyaknya iklan produk kecantikan yang bermunculan di media. untuk menarik minat calon konsumen, produsen produk kecantikan tampil semenarik mungkin dan unik untuk menonjolkan diri. Brand Wardah sebagai brand kecantikan halal pertama di Indonesia salah satunya. Kampanye brand Wardah menampilkan keberagaman ‘talent’ iklan, mulai dari ras, warna kulit, hingga penyandang disabilitas untuk mendorong rasa percaya diri perempuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana gambaran Bodypositivity perempuan muslim dalam iklan Wardah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika John Fiske. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menonton 3 iklan Wardah berjudul: Feel The Beauty, Wardah #AkuWajahIndonesia, dan Wardah #BeautyMovesYou. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis data kualitatif Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek bodypositivity seperti body acceptance and love, broadly conceptualizing beauty, taking care of the body with healthy behaviours, dan filtering information in a body-protective manner, dan appreciation. Iklan Wardah menunjukkan bodypositivity lewat keragaman ‘talent’ iklan, pakaian, riasan, lingkungan, sikap, narasi, cara bicara, kamera, editing, musik, dan ekspresi. Iklan Wardah menampilkan keragaman dengan ras, warna kulit, hingga penyandang disabilitas ‘talent’ iklan sebagai sesuatu yang perlu diapresiasi, disyukuri, dan tidak menjadi halangan untuk terus menggapai mimpi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bodypositivity, Iklan, Wardah, Semiotika, John Fiske
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ani Kurniawati sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:13
Last Modified: 24 Apr 2024 08:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24261

Actions (login required)

View Item View Item