UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) UNTUK MENGATASI KENAKALAN REMAJA KELAS 8 DI SMP NEGERI 5 KOTA BANJAR JAWA BARAT

Sri, Meilani (2024) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) UNTUK MENGATASI KENAKALAN REMAJA KELAS 8 DI SMP NEGERI 5 KOTA BANJAR JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Hasil akhir skripsi SRI MEILANI 2024 2 baruuu.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://repository.uinsaizu.ac.id/

Abstract

Kenakalan remaja dapat terjadi akibat masalah yang timbul saat masa kanak-kanak dan hingga masa tersebut berakhir, dia belum mampu menyelesaikan masalahnya. Hingga akhirnya di masa remaja akan mengalami gangguan yang akhirnya menimbulkan perilaku yang manyimpang. Kenakalan Remaja juga terjadi dan dapat dibilang sering terjadi yakni di salah satu sekolah menegah pertama di kota Banjar, yakni di SMP Negeri 5 Kota Banjar Jawa Barat, sekolah ini secara tidak langsung memang sudah terkenal dengan keadaan siswa yang banyak berperilaku menyimpang atau nakal dan ini menjadi pandangan negatif di kalangan masyarakat sekitar walaupun demikian sekolah ini tetap banyak peminatnya karena jarak strategis dan ajakan teman yang tentu menjadi faktor salah satunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya yang digunakan oleh guru BK untuk mengatasi kenakalan remaja serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kenakalan remaja pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 5 Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 5 Kota Banjar, dimulai pada tanggal 18 Juli 2023 sampai bulan Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah gru BK, pihak kesiswaan, wali kelas, serta beberapa siswa yang bersangkutan. Terdapat dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kenakalan remaja diantaranya adalah karena faktor sosiogenis, internal dan ekstrenal. Upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam mengatasi kenakalan remaja pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 5 Kota Banjar sudah cukup baik yakni dengan melakukan beberapa upaya seperti preventif, represif, dan kuratif. Selain itu juga dengan upaya konseling kelompok dan menggunakan pendekatan Ratonal Behavior Theraphy (REBT) yang disesuaikan juga dengan RPL sekolah dan dalam proses pelaksanaannya pihak BK tidak bekerja sendirian karena melakukan kerjasama dengan pihak wali kelas serta pihak kesiswaan. Kata Kunci: Upaya, Guru, Kenakalan remaja, dan Konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru, Kenakalan Remaja,dan Konseling
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.5 Psychology of Young People
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sri Meilani sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:49
Last Modified: 24 Apr 2024 07:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item