Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Screenshot Iphone di media Sosial (Studi Kasus Pada Akun TikTok @jasa ss Iphone)

Suci, Kodiah (2024) Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Screenshot Iphone di media Sosial (Studi Kasus Pada Akun TikTok @jasa ss Iphone). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi(revisi)_Suci Kodiah_1717301039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jual beli secara online banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat karena kemudahannya dalam melakukan transaksi yaitu tidak harus bertemunya secara langsung antara penjual maupun pembeli. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, jual beli online saat ini tidak hanya mencakup jual beli barang keperluan sehari-hari saja, tetapi ada pula transaksi yang menjual belikan berupa screenshot tampilan iPhone apa saja, dari tampilan Twitter, Instagram, WhatsApp, Notes, iMessage, dan lainnya.Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu Tinjauan Hukum Islam terhadap proses terjadinya transaksi Jual Beli screenshot iphone di media sosial (studi kasus pada akun media sosial tiktok @jasa ss iphone). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kulitatif. Yakni studi berdasarkan pendalamaan kajian pustaka baik berupa data maupun angka yang dapat dipahami dengan baik dengan tujuan untuk memahami fenomena dari subjek penelitian. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer, sekunder, dan sumber hukum. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan metode deskriptif analisis. Proses terjadinya transaksi jual beli screenshot iphone di media sosial diatas terbagi menjadi beberapa tahap yakni : a) Pihak customer memberikan rincian yang dibutuhkan baik dari segi iphone yang digunakan, bagian dan jenis platform yang digunakanya untuk screenshot. b) Pihak penyelenggara jasa memberikan rincian opsi dan biaya yang dibebankan kepada customer. c) Dari kedua customer yang menjadi sampel keduanya menggunkan metode payment money transfer. Jual beli screenshot iphone di media sosial (studi kasus pada akun media sosial tiktok @jasa ss iphone) diperbolehkan dimana secara syarat dan rukun dalam jual beli secara syara’ sudah terpenuhi yakni ada penjual dan pembeli, ada barang atau jasa yang akan dijual, ada nilai tukar yang dapat menggantikan barang, ijab kabul atau ucapan serah terima antara penjual dan pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Jual Beli Screenshoot Iphone
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Suci Kodiah sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:44
Last Modified: 24 Apr 2024 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24246

Actions (login required)

View Item View Item