IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs SABILIL MUTTAQIEN KABUPATEN PANGANDARAN

Dwi, Ati Solihati (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs SABILIL MUTTAQIEN KABUPATEN PANGANDARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-DWI_ATI.NIM.2017401097.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen mutu terpadu adalah sistem yang digunakan dalam mengelola sumber daya manusia pada suatu organisasi yang dilakukan terus-menerus dan berorientasi pada tujuan kepuasan pelanggan dengan kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan. Manjemen mutu terpadu dapat diimplementasikan dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di madrasah agar program prestasi akademik di madrasah dapat mencapai perbaikan secara terus-menerus yang dilakukan oleh semua pihak disekolah demi suatu tujuan yaitu kepuasan pelanggaan (murid, wali murid dan masyarakat sekitar). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk menjelaskan bagaimana perencanaan proses implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sabilil Muttaqien Kabupaten Pangandaran (2) Untuk menjelaskan bagaimana proses implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sabilil Muttaqien Kabupaten Pangandaran (3) Untuk menjelaskan bagaimana hasil implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Sabilil Muttaqien Kabupaten Pangandaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa implementasi manajemen mutu terpadu sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar di sekolah melalui (1) Perencanaan meliputi upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan melalui perbaikan secara terus menerus, (2) Proses meningkatkan prestasi belajar yang diawali dengan beberapa program seperti Bimbingan Olimpiade, dan kegiatan belajar mengajar secara aktif (3) Hasil dari implementasi manajemen mutu terpadu dapat dilihat dari adanya pengawasan yang dilakukan serta bukti dari partisipasi aktif dari siswa dan respon positif dari wali murid untuk mendukung program prestasi akademik di madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemem mutu terpadu, prestasi belajar siswa, madrasah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi ati ati solihati sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:27
Last Modified: 24 Apr 2024 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24241

Actions (login required)

View Item View Item