STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELAKUKAN BRANDING PESANTREN ENTERPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA CILONGOK

AGUSTINA, RAHMAWATI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELAKUKAN BRANDING PESANTREN ENTERPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA CILONGOK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H, Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Agustina Rahmawati_STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MELAKUKAN BRANDING PESANTREN ENTERPRENEURSHIP DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA CILONGOK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren tidak hanya menjadi Lembaga Pendidikan islam, akan tetapi pondok pesantren juga memberikan para santri Pendidikan informal, seperti merambah ke bidang ekonomi dan dunia usaha atau entrepreneurship. Sehingga pondok pesantren sangat membutuhkan strategi komunikasi dalam melakukan branding untuk memperkenalkan dan menarik minat masyarakat untuk belajar di pondok pesantren. Sedangkan untuk mencapai sesuatu yang telah di rencanakan memerlukan keberhasilan dalam langkah-langkah strategi komunikasi. berdasarkan pada latar belakang masalah muncullah rumusan masalah yang menjadi batasan dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana strategi komunikasi dan hambatan dalam melakukan branding pesantren entrepreneurship di pondok pesantren nurul huda cilongok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menghasilkan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti melalui analisis deskriptif yaitu menggambarkan keadaan dari objek penelitian melalui triangulasi data diantaranya wawancara mendalam. Hal ini untuk memperoleh gambaran secara jelas dan secara langsung melalui objek yang diteliti. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini ialah teori menurut Laswell yang menetapkan bahwa strategi dalam komunikasi tidak lepas dari lima elemen, yakni: komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa langkah-langkah strategi komunikasi dalam melakukan branding peantren entrepreneurship yaitu: 1) mengenali terlebih dahulu sasaran komunikasi, 2) memilih media komunikasi yang digunakan ialah Instagram, youtobe, dan facebook, 3) menghimpun umpan balik (feedback), 4) memilih komunikator. Selain itu Enha juga menggunakan brosur dan relasi untuk melakukan aktivitas branding. Sedangkan hambatan dalam melakukan branding pesantren entrepreneurship yaitu anggaran dan lokasi yang kurang strategis. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Branding, Pesantren Enterpreneurship

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Branding, Pesantren Enterpreneurship
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Agustina Rahmawati sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:32
Last Modified: 24 Apr 2024 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24240

Actions (login required)

View Item View Item