PENANGANAN PERILAKU GANGGUAN MENENTANG PADA ANAK AUTISME (Studi Jenjang SMP di Sekolah Luar Biasa C Yakut Purwokerto)

Viena, Febriani (2024) PENANGANAN PERILAKU GANGGUAN MENENTANG PADA ANAK AUTISME (Studi Jenjang SMP di Sekolah Luar Biasa C Yakut Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
2017101054_SKRIPSI VIENA FEBRIANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak berkebutuhan khusus memberikan ruang bagi mereka untuk memperoleh pendidikan yang layak melalui sekolah khusus dengan layanan yang khusus, salah satu sekolah yang dapat menangani perilaku gangguan menentang pada anak autisme yaitu sekolah luar biasa C yakut Purwokerto. Sekolah tersebut memiliki beberapa tingkat yaitu SDLB, SMPLB, dan SMALB.Pada tingkat SMPLB terdapat 3 anak autisme yang memiliki sikap menentang di kelas VIII, sikap anak tersebut dimunculkan saat sedang berlangsungnya proses pembelajaran, sering kali tidak memperhatikan pembelajaran yang sedang disampaikan oleh guru di depan, sering sibuk dengan sendirinya, dan suka melakukan tindakan menentang pada teman sebayanya serta bermusuhan terhadap figur otoritas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penanganan yang tepat untuk perilaku gangguan menentang pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode field research yang akan membutuhkan data primer yang akan diambil langsung dari tempat penelitian. Sumber data primer didapatkan langsung dari pengamatan perilaku 3 anak autisme tersebut, dan 1 guru yang menerapkan penangan perilaku menentang pada anak autisme di kelas. Kemudian, data sekunder didapatkan dari buku, jurnal dan thesis. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dimana akan digambarkan metode yang telah digunakan di Sekolah Luar Biasa C Yakut Purwokerto dalam menangani perilaku gangguan menentang pada anak autisme tersebut. pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk metode penanganan perilaku menentang yang diterapkan di sekolah menggunakan metode ABA (Applied Behavioral Analysis) metode ini tepat untuk memodifikasi perilaku pada anak untuk meminimalisir perilaku menentang anak tersebut, metode yang digunakan memiliki 5 tahapan yaitu: tahap diagnosa, tahap observasi, tahap penanganan, tahap penilaian, dan tahap pemeliharaan. Selain itu, terdapat 7 materi penanganan perilaku menentang yang diterapkan untuk melatih sikap kepatuhan pada anak autisme. Namun penanganan yang diberikan cukup berhasil dikarenakan atas penilaian dari wali murid anak mereka sudah mendapatkan perubahan namun belum terlalu yang signifikan dari perilaku menentang menjadi perilaku yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Perilaku Gangguan Menentang, Autisme, Penanganan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Gangguan Menentang, Autisme, Penanganan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Viena Febriani sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:30
Last Modified: 24 Apr 2024 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24237

Actions (login required)

View Item View Item