PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS

Uji, Setiono (2024) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Uji Setiono-SKRIPSI-1817407038.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana kecerdasan logis matematis siswa mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika mereka di kelas VII SMP Negeri 2 Gumelar, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini didasari oleh pemahaman bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gumelar masih mengalami kekurangan dalam kemampuan pemecahan masalah matematika yang memadai, serta kecerdasan logis mereka yang masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang mengadopsi pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei sebagai pendekatan penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 143 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gumelar, yang dipilih melalui teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana, setelah dilakukan uji prasyarat seperti uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian regresi. Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa kecerdasan logis matematis siswa memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mereka di kelas VII SMP Negeri 2 Gumelar. Hal ini diperkuat dengan nilai koefisien determinasi R square sebesar 0,045, yang menunjukkan bahwa sekitar 4,5% dari variasi dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dijelaskan oleh kecerdasan logis matematis mereka. Sementara itu, sekitar 95,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Pemecahan, Masalah, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Uji Setiono sdr
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:28
Last Modified: 24 Apr 2024 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item