PRAKTIK JUAL BELI SPAREPART MOTOR IMITASI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA RANDUDONGKAL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG)

Choerun, Nisa (2024) PRAKTIK JUAL BELI SPAREPART MOTOR IMITASI PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI DESA RANDUDONGKAL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Choerun Nisa_Praktik Jual Beli Sparepart Motor Imitasi Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Randudongkal Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Choerun Nisa_Praktik Jual Beli Sparepart Motor Imitasi Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Randudongkal Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Negeri (UIN) Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Pada Bengkel di Desa Randudongkal Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang terdapat aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan jual beli yaitu praktik jual beli sparepart motor imitasi. Praktik jual beli sparepart motor imitasi tersebut merupakan jual beli sparepart imitasi yang memiliki kemasan menyerupai sparepart asli yang di jual dengan harga tinggi sehingga kelayakan dan keawetan produk sangat buruk jika dibandingkan dengan produk sparepart yang asli atau original. Sehingga dalam praktik jual beli ini dimungkinkan merugikan salah satu pihak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang mana penelitian ini dilaksanakan di lokasi atau tempat yang sesuai dengan objek penelitian. Dari segi sifatnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber data primer yaitu hasil wawancara langsung dengan 17 narasumber yang melakukan transaksi yaitu pemilik bengkel dan pelanggan atau pembeli. Sumber Data Sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari catatan-catatan atau buku yang terkait pada permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual beli sparepart imitasi ini jika menurut rukun jual beli adalah sah namun ada syarat-syarat yang tidak terpenuhi yaitu terkait kualitas sparepart. karena dalam praktik tersebut penjual tidak menginformasikan sparepart tersebut adalah sparepart imitasi dengan tujuan agar penjual bisa meraup keuntungan besar dari modal pembelian produk sparepart yang murah kemudian di jual kembali dengan harga yang tinggi hampir sama dengan harga produk sparepart resmi dari produsen salah satu merek sepeda motor. Praktik jual beli sparepart imitasi ini diperbolehkan apabila penjual mengatakan dengan jujur akan kualitas barang yang hendak dijualnya dan pembeli tidak mempermasalahkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jual beli, sparepart imitasi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Choerun Nisa
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:26
Last Modified: 24 Apr 2024 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24233

Actions (login required)

View Item View Item