DAMPAK PROGRAM PENDAMPINGAN UMKM SERTIFIKASI OKUPASI LSP P1 UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Dyra Bouquet dan Eka Shop)

Ali Rafi Ahdan, Muhamad (2024) DAMPAK PROGRAM PENDAMPINGAN UMKM SERTIFIKASI OKUPASI LSP P1 UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Dyra Bouquet dan Eka Shop). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1917201119.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis bahwa pelaksanaan program skema sertifikasi okupasi pendamping UMKM madya spesialis bidang manajemen pemasaran LSP P1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto terdapat 12 unit kompetensi sebagai acuan kegiatan. Dyra Bouquet dan Eka Shop merupakan peserta dari kegiatan tersebut yang bergerak pada bidang industri kreatif yakni bisnis buket yang mengalami kenaikan pendapatan sebesar 15% dan 10% pasca program pendampingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program tersebut terhadap kinerja perusahaan dan mengetahui pelaksanaan program pendampingan UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada pelaku usaha, pihak LSP, pendamping UMKM dan karyawan terkait masalah penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Adapun dalam pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil menunjukkan bahwa dampak program pendampingan tersebut terhadap kinerja perusahaan pada indikator input sumber daya finansial, tidak melakukan jejaring kerja lembaga keuangan, akan tetapi hadirnya program pendampingan tersebut berdampak terhadap jejaring kerja pada suplier bahan baku dan penambahan modal secara mandiri. Pada sumber daya manusia menghasilkan penempatan kerja mulai dari admin, manajemen keuangan, produksi, dan pemasaran. Pada sumber daya pemeliharaan, melakukan identifikasi permasalahan sesuai kebutuhan perusahaan. Pada indikator proses; menggunakan akses pemasaran melalui media online. Pada indikator output, berupa penerapan sistem teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan link, aplikasi kasirku dan akses pasar melalui online, dan company profile kedua UMKM buket memiliki ciri khas tersendiri dalam pembentukan citra perusahaan, dan legalitas usaha dibuktikan dengan adanya SKU, SIUP, NPWP, NIB. Adapun kinerja pada indikator hasil, berupa riset produk sesuai kebutuhan pasar, yakni balon twice, rajut dan buket boneka. Pendampingan yang dilakukan pada Dyra Bouquet dan Eka Shop ialah;1) Mengidentifikasi permasalahan sesuai kebutuhan UMKM. 2) Arahan jejaring kerja dengan penyuplai bahan baku bunga serta snack. 3) Membantu membuat profil perusahaan mulai dari layout hingga hasil akhir dengan persetujuan owner. 4) Mendampingi akses pasar dengan pembuatan konten Rells, riview Google rattings dan Insta Story. 5) Riset kemasan produk, dengan cara mewawancarai 50 customer, pengembangan bahan baku holografik. 6) Menyusun rencana aktivitas penjualan dengan target per-harinya. 7) Membantu pembuatan perizinan usaha berupa NIB. 8) Arahan penempatan kerja mulai dari admin, manajemen keuangan, produksi, dan pemasaran. 9) Monitoring sistem teknologi informasi dan komunikasi dengan arahan terkait rekapitulasi melalui aplikasi kasirku dan riset pembuatan konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dampak, Kinerja, Pendampingan UMKM.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ali Rafi Rafi Ahdan Muhamad sdr
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:13
Last Modified: 25 Apr 2024 01:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24229

Actions (login required)

View Item View Item