Binti Anis, Sholikhati (2024) Implementasi Konseling Individu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Kesatrian Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Binti Anis Sholikhati_Implementasi Konseling Individu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Kesatrian.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Konseling individu adalah layanan konseling yang dilakukan secara tatap muka antara Guru BK dengan peserta didik yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan proses implementasi konseling individu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMK Kesatrian Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru BK dan peserta didik yang mengikuti konseling individu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, implementasi konseling individu yang dilakukan menekankan pada perubahan perilaku yang negatif menjadi perilaku yang lebih baik. Agar hasil dari konseling individu dengan dapat maksimal, maka Guru BK berusaha untuk membantu dan memberikan dukungan kepada peserta didik agar motivasi belajar meningkat. Setelah konseling individu dilaksanakan menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar dengan adanya perubahan pada meningkatnya kehadiran peserta didik untuk mengikuti proses belajar di kelas. Kata Kunci: Implementasi, Konseling Individu, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior 900 Geography and history > 907 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Binti Anis Sholikhati sdri |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:22 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24223 |
Actions (login required)
View Item |