EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) DI MTS NEGERI 1 CILACAP

Miskah, Amania Zahroh (2024) EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) DI MTS NEGERI 1 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Miskah Amania Zahroh_EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) DI MTS NEGERI 1 CILACAP.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Peningkatan kualitas pembelajaran memerlukan upaya optimalisasi proses dan hasil belajar secara keseluruhan karena hakikat kualitas pembelajaran adalah merupakan kualitas implementasi dari program pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya. Kualitas pembelajaran tidak terlepas dari peserta didik dan pendidik yang ada dalam pelaksanaan program pembelajaran. Hasil belajar yang telah dicapai agar dapat sesuai dengan tujuan yang dikehendaki dapat diketahui melalui evaluasi. Melalui evaluasi inilah informasi-informasi dari program pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat dilihat. Sehingga akan dapat diketahui di mana letak kelebihan dan kekurangan dalam program pembelajaran untuk kemudian dapat diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi proses pembelajaran matematika menggunakan model evaluasi CIPP (Context Input Process Product), Model CIPP dipilih karena memiliki kelebihan yakni lebih komprehensif, karena Objek evaluasi tidak hanya pada hasil semata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MTs Negeri 1 Cilacap dengan subjek penelitian meliputi guru kelas VII, siswa kelas VII, Kepala sekolah. Evaluasi konteks berkaitan dengan tujuan proses pembelajaran matematika, evaluasi masukan berkaitan dengan sumber daya manusia yang terlibat, sarana prasarana serta berbagai aturan yang diperlukan dalam proses pembelajaran, evaluasi proses untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika, serta evaluasi hasil adalah untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran matematika di kelas VII MTs Negeri 1 Cilacap. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika berjalan dengan baik dan dapat dilihat dari nilai siswa dengan rata-rata di atas kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Evaluasi, Model CIPP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Evaluasi, Model CIPP.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Miskah Amania Zahroh sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:35
Last Modified: 24 Apr 2024 04:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24208

Actions (login required)

View Item View Item