IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU

Ardha Risqinanda, Asidqia (2024) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ardha Risqinanda Asidqia_Implementasi Komunikasi Pemasaran Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Cilacap Kroya.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komunikasi peimasaran meinjadi salah satu bagian teirpeinting bagi seibuah peirusahaan. Komunikasi peimasaran sangat meimbantu peirusahaan untuk meimbeintuk seirta meimbangun seibuah brand awareineiss yang positif di mata konsumein. Hubungan komunikasi peimasaran deingan literasi keiuangan syariah saling beirkaitan kareina apabila komunikasi peimasarannya baik maka akan meimpeingaruhi literasi keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan BSI KCP Cilacap Kroya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah masyarakat sekitar Kroya. Peineilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik observasi yang dilakukan di BSI KCP Cilacap Kroya, wawancara dengan mengambil sampel dari beberapa warga sekitar dan nasabah, dan dokumentasi. Selanjutnya data akan dianalisis meliputi tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah terakhir data akan di uji keabsahannya menggunakan tiangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian strategi komunikasi pemasaran menggunakan periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Berdasarkan hasil tingkat literasi keungan syariah di BSI KCP Cilacap Kroya, kondisi pengetahuan keuangan dasar pada sebagian warga sekitar masih kurangnya pemahaman tentang adanya bank syariah, masih kurangnya minat masyarakat dalam menabung di bank syariah, pada segi asuransi BSI bekerjasama dengan pihak ketiga yaitu asuransi syariah, dari investasi BSI sudah sesuai dengan syariah islam dan bebas riba. Jadi, dapat disimpulkan tingkat literasi keuangan syariah pada warga sekitar di BSI KCP Cilacap Kroya belum sepenuhnya tersampaikan. Karena kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan BSI KCP Cilacap Kroya. Tetapi, BSI KCP Cilacap Kroya sudah mengupayakan dengan cara memasarkan produk secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Tingkat Literasi Keuangan, Indikator Literasi Keuangan Syariah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ardha Risqinanda Asidqia sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:48
Last Modified: 24 Apr 2024 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24195

Actions (login required)

View Item View Item