PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

ALYA, AULIYA (2024) PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ALYA AULIYA_PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan marketplace saat ini menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Dengan adanya marketplace membantu setiap orang melaksanakan transaksi penjualan maupun pembelian kapanpun dan dimanapun. Terdapat beberapa marketplace di Indonesia diantaranya adalah Shoppe, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli. Generasi Z sangat erat dengan teknologi, adanya marketplace menjadi salah satu segmen pasar dalam memenuhi kebutuhan mereka. Mahasiswa FEBI memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk berbelanja secara online karena mereka seringkali membutuhkan berbagai produk atau layanan terkait bisnis dan ekonomi dalam kegiatan akademis mereka contohnya kegiatan PBM (praktik bisnis mahasiswa), dengan demikian dapat dikatakan mahasiswa FEBI merupakan konsumen aktif dalam marketplace, sehingga penulis tertarik melakukan penelitian pada generasi z khususnya pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang dipilih secara acak sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikansi pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian adalah 0,03 < 0,05 dan nilai thitung 2,778 > ttabel 1,984. Artinya terdapat pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t (parsial) pada variabel brand ambassador terhadap keputusan pembelian menunjukan bahwa nilai signifikansi pengaruh Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian adalah 0,00 < 0,05 dan nilai thitung 8,045 > ttabel 1,984 artinya terdapat pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian secara signifikan. Hasil uji f (simultan) nilai signifikansi pengaruh advertising dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian sebesar 0,00 < 0,05 dan fhitung 70,979 > nilai ftabel 3,09. Artinya terdapat pengaruh advertising ,brand ambassador, terhadap keputusan pembelian secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Advertising Brand Ambassador, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ALYA AULIYA sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:35
Last Modified: 24 Apr 2024 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24188

Actions (login required)

View Item View Item