EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MUSEUM WAYANG BANYUMAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA

Titin, Rahmawati (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MUSEUM WAYANG BANYUMAS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Titin Rahmawati_Eksplorasi Etnomatematika Pada Museum Wayang Banyumas Sebagai Sumber Belajar Matematika.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang oleh masyarakat yang beranggapan bahwa sumber belajar matematika hanya berasal dari buku saja. Selain itu, adanya kesulitan yang dialami peserta didik terkait pembelajaran dalam memahami materi matematika karena kurangnya minat terhadap matematika yang selalu dianggap sulit dipahami dan menakutkan. Penelitian ini berfokus pada identifikasi analisis konsep-konsep matematika pada Museum Wayang Banyumas. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif berpendekatan etnografi. Dimana data yang ditujukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Analisis domain ditemukannya domain benda, alat dan transportasi. Analisis taksonomi berupa peta konsep. Analisis komponensial berupa tinjauan ulang pada setiap komponen untuk memeriksa keabsahan Analisis tema budaya ditemukannya delapan sub tema seperti geometri, himpunan, kesebangunan, lingkaran, sudut, permutasi, perbandingan, dan transformasi geometri. Setelah dilakukan analisis pada keempat analisis data, ditemukannya analisis konsep matematika pada Museum Wayang Banyumas yaitu konsep geometri, himpunan, kesebangunan, lingkaran, permutasi, sudut, perbandingan, dan transformasi geometri. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis adanya konsep-konsep matematika pada Museum Wayang Banyumas yang dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap matematika karena adanya variasi dalam mempelajari mata Pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksplorasi, Etnomatematika, Museum, Sumber Belajar Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Titin Rahmawati
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:03
Last Modified: 24 Apr 2024 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24168

Actions (login required)

View Item View Item