ANALISIS PENGARUH SUKUK KORPORASI DAN REKSADANA SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 2016-2023

Muhammad, Firdho (2024) ANALISIS PENGARUH SUKUK KORPORASI DAN REKSADANA SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 2016-2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Firdho _Analisis Pengaruh Sukuk Korporasi dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2016-2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang kerap kali mengalami fluktuasi pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Sektor investasi Syariah di Indonesia memberikan dukungan pada bursa saham untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Ekonomi yang terjadi di Indonesia mengalami fluktuasi sepanjang tahun 2016 hingga tahun 2023 yang disebabkan oleh masalah pandemi yang ikut mengganggu kestabilan ekonomi pada tingkat internasional. Sukuk korporasi dan reksadana syariah telah menjadi sumber pembiayaan yang vital untuk mendukung berbagai program ekonomi yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Jenis penelitian yang digunakan metode regresi linear berganda dengan model data panel time series. Populasi dari penelitian ini adalah sukuk korporasi dan reksadana syariah yang terdiri dari laporan nilai sukuk korporasi berjenis ijarah dan reksadana syariah triwulan selama 8 tahun (2016-2023) yang dipublikasikan di website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui (PDB) yang dipublikasikan di Badan Pusat Statistik (BPS) periode tahun 2016-2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi tersebut menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Chow, uji Hausman, dan uji Lagrange Multiplier, model terbaru yang terpilih pada penelitian ini adalah Random Effect Model (REM). Berdasarkan hasil hipotesis dari uji Regresi yang digunakan, secara simultan (keseluruhan) menunjukkan bahwa Sukuk Korporasi dan Reksadana Syariah berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Untuk hasil hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa Sukuk Korporasi dan Reksadana Syariah berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut khususnya pemerintah lebih memperhatikan kebijakan-kebijakan yang berpengaruh terhadap pasar modal syariah di Indonesia dalam hal ini menjaga kestabilan variabel Sukuk Korporasi dan Reksadana Syariah agar pergerakan sukuk di Indonesia tetap stabil dan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sukuk Korporasi, Reksadana Syariah, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMMAD FIRDHO sdr
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:02
Last Modified: 24 Apr 2024 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item View Item