ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK DI SDIT AMANAH TANGERANG

Khovia, Dwi Deswita (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK DI SDIT AMANAH TANGERANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khovia Dwi Deswita_Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Akademik di SDIT Amanah Tangerang.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar siswa di sekolah mengandung banyak kegiatan, tidak hanya sebatas di dalam kelas saja tetapi juga kegiatan dari ekstrakurikuler. Subjek dari kegiatan belajar mengajar adalah guru dan siswa. Guru memiliki metode dan strategi mengajar untuk membantu proses belajar agar mudah dipahami dan dengan adanya gaya belajar dapat membantu siswa menerima informasi yang disampaikan oleh guru. Gaya belajar siswa penting karena memahami preferensi belajar masing-masing individu dapat membantu guru menyusun metode pengajaran yang lebih efektif. Dengan memahami gaya belajar siswa, guru dapat menyajikan informasi menggunakan pendekatan yang sesuai, meningkatkan pemahaman siswa dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efisien dan mendukung perkembangan potensi siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi di bidang akademik di SDIT Amanah Tangerang. Sebab dengan melakukan analisis gaya belajar siswa berprestasi dapat dijadikan contoh oleh siswa lainnya untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara secara mendalam kepada subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas dan siswa berprestasi di kelas IV, V dan VI SDIT Amanah Tangerang dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi kelas IV, V dan VI SDIT Amanah Tangerang merupakan kombinasi gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Selain itu, mereka menunjukkan kecenderungan untuk menggunakan strategi belajar yang reflektif dan berorientasi pada pemecahan masalah. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menggarisbawahi pentingnya memahami kebutuhan individual siswa dan menyediakan lingkungan belajar yang mendukung beragam gaya belajar untuk meningkatkan prestasi siswa di berbagai bidang baik akademik maupun non-akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Siswa Berprestasi, Sekolah Dasar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khovia Dwi Deswita sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:00
Last Modified: 24 Apr 2024 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24165

Actions (login required)

View Item View Item