PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP GUNUNGJATI 1 PURWOKERTO

Nabila, Azzahra (2024) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) DAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP GUNUNGJATI 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nabila Azzahra_SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII antara menggunakan model pembelajaran CMP dan model pembelajaran Novick. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen II. Hasil rata-rata skor N-gain pada kelas eksperimen I sebesar 0,575 masuk pada kategori sedang dan rata-rata skor N-gain pada kelas eksperimen II sebesar 0,361 juga masuk pada kategori sedang. Dilihat dari tafsiran N-gain nilai presentase rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen I yaitu 57,5% berada pada tafsiran cukup efektif, sedangkan nilai presentase rata-rata kelas eksperimen II yaitu 36,1% berada pada tafsiran tidak efektif. Berdasarkan analisis dengan uji t dua sampel bebas mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antar kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CMP dan model pembelajaran Novick, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Gunungjati 1 Purwokerto yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CMP lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Novick.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CMP, kemampuan komunikasi matematis, Novick
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nabila Azzahra sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:59
Last Modified: 24 Apr 2024 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24164

Actions (login required)

View Item View Item