PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DENGAN MODEL PAKSERV TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BPRS BINA AMANAH SATRIA KC BUMIAYU

Nur Adi, Chandrawan (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DENGAN MODEL PAKSERV TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BPRS BINA AMANAH SATRIA KC BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUR ADI CHANDRAWAN_PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DENGAN MODEL PAKSERV TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BPRS BINA AMANAH SATRIA KC BUMIAYU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perbankan Syariah merupakan elemen penting dalam perkembangan dan pembentukan perekonomian Indonesia, dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks, perusahaan perlu mencari ide kreatif atau strategi terbaru untuk mencapai tujuan perusahaan secara optimal. Kualitas pelayanan menjadi aspek penting yang diperhatikan oleh nasabah dan calon nasabah, sehingga upaya strategis dalam peningkatan dan pemeliharaan kualitas tersebut menjadi suatu keharusan untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi perusahaan di pasar termasuk BPRS Bina Amanah Satria KC Bumiayu. Kualitas Pelayanan model PAKSERV dianggap sebagai pengaturan terbaik untuk memahami dan mengukur kualitas layanan yang memiliki 6 variabel yaitu tangibility, reliability, assurance, sincerity, personalization, formality. Tujuan dari penelitian ini adalah pentingnya BPRS Bina Amanah Satria KC Bumiayu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka dengan memperhatikan aspek-aspek yang diukur melalui model PAKSERV. Dengan meningkatnya kepuasan nasabah, diharapkan dapat memperkuat loyalitas nasabah dan meningkatkan citra serta kinerja BPRS Bina Amanah Satria KC Bumiayu di pasar. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskripstif, Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah BPRS Bina Amanah Satria KC Bumiayu sejumlah 190 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program statistik IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diukur melalui model PAKSERV secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara PAKSERV terhadap kepuasan Nasabah. Sedangkan pada hasil uji parsial menunjukan bahwa variabel Tangibility, Sincerity, Personalization mempunyai nilai Sig < 0.05 artinya tidak berpengaruh signifikan dan Variabel Reliability, Assurance, Formality mempunyai nilai sig > 0.05 artinya berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas pelayanan, PAKSERV, Kepuasan nasabah, BPRS Bina Amanah Satria KC Bumiayu
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nur Adi Chandrawan sdr
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:58
Last Modified: 24 Apr 2024 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24163

Actions (login required)

View Item View Item