PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 KEMRANJEN BANYUMAS

Amalia, Faridhatul Ulum (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amalia Faridhatul Ulum_Pengaruh Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kemranjen Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting dimiliki oleh siswa karena menjadi salah satu faktor penting dalan pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kritis matematis melibatkan proses kognitif dan mengajak siswa untuk berpikir reflektif terhadap permasalahan. Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis maka peneliti memilih model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing yang akan digunakan dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kemranjen, Banyumas. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian eksperimen, karena terdapat perlakuan/ treatment yang diberikan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Kemranjen, Banyumas. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan N-Gain dan uji t. Berdasarkan dari uji t sampel independen terhadap nilai N-Gain yaitu 0,000 < 0,05. Sehinga terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kemranjen, Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir kritis matematis, Model pembelajaran, Problem Posing, Post Solution Posing
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Amalia Faridhatul Ulum sdr
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:55
Last Modified: 24 Apr 2024 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item