PENGARUH LITERASI DIGITAL, SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE, DAN ELECTRNOIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MEMBUKA REKENING TABUNGAN MELALUI ONLINE (SURVEY NASABAH BSI WILAYAH PURWOKERTO)

Wiwit, Restiana (2024) PENGARUH LITERASI DIGITAL, SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE, DAN ELECTRNOIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MEMBUKA REKENING TABUNGAN MELALUI ONLINE (SURVEY NASABAH BSI WILAYAH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN PROF. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WIWIT RESTIANA_PENGARUH LITERASI, SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND IMAGE, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MEMBUKA REKENING TABUNGAN MELALUI ONLINE DI BANK SYARIAH (SURVEY NASABAH BSI WILAYAH PURWOKERTO).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seriring perkembangan zaman yang sudah moderen, teknologi dibidang informasi berkembang pesat, dengan menerapkan sistem membuka rekening tabungan melalui online di bank syariah, sehingga memudahkan masyarakat untuk membuka rekening tabungan online dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut menunjukan bank syariah menemukan strategi yang cocok dalam menawarkan produk yang menarik bagi konsumen untuk menggunakan jasa berupa tabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar literasi digital, social media marketing, brand image, dan electronic word of mouth terhadap minat membuka rekening tabungan melalui online pada nasabah BSI wilayah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui metode kuesioner langsung dan melalui google from dan data sekunder yang berpaduan pada internet dan website. Penentuan populasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling dengan kriteria responden usia lebih dari 17 tahun, mempunyai HP android yang bisa menginstal aplikasi, responden wilayah Purwokerto, Membuka rekening sendiri bukan karena permintaan instan atau kantor dan sampel yang didapat sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh negatif dari variabel literasi digital, social media marketing sedangkan variabel brand image, electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat membuka rekening tabungan melalui online. Dan secara bersamaan variabel literasi digital, social media marketing, brand image, dan electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap minat membuka rekening tabungan melalui online. Hal ini didukung uji Kendall’s W sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Selanjutnya, pada analisis regresi ordinal, terdapat informasi mengenai seberapa besar pengaruh variabel independen dan variabel dependen. Hasilnya menunjukan nilai Pseudo R-Square, dengan nilai tertinggi 0,447 atau 47,7%, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Social Media Marketing, Brand Image, dan Electronic Word Of Mouth, Minat Nasabah
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: WIWIT RESTIANA sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:54
Last Modified: 24 Apr 2024 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24157

Actions (login required)

View Item View Item