PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO.

Nada Qurrota, A'yun (2024) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NADA QURROTA A'YUN_PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning dengan motivasi berprestasi siswa di SMA Negeri 4 Purwokerto. Banyaknya siswa yang masih mempunyai self regulated learning rendah dapat mempengaruhi motivasi berprestasinya. Ada beberapa siswa yang memiliki permaslahan seperti belum mengetahui gaya belajar yang disukainya,banyaknya siswa yang belum mampu memanajemen waktunya dengan benar, belum membiasakan diri untuk belajar secara mandiri hal ini yang menyebabkan self regulated learning siswa rendah. Pendekatan kuantitatif yang digunakan oleh peneliti. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji linearitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 4 Purwokerto, populasi berjumlah 1.063 siswa dengan mengambil sampel kelas X dan XI sebanyak 285 siswa dari 1.063 siswa. Pengambilan sampel tersebut mengguakan teknik stratified cluster random sampling. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner, observasi, serta dokumentasi. Uji hipotesis diperoleh hasil r hitung sebesar 1,000, r tabel dengan N-2=r, dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai r tabel sebesar 0,3610 Jadi, r hitung 1,000 > r tabel 0,3610, sehingga hasil yang diperoleh yaitu variabel Self Regulated Learning (X) berpengaruh positif terhadap motivasi berprestasi siswa (Y). Sedangkan besarnya pengaruh variabel Self Regulated Learning terhadap Motivasi Berprestasi Siswa, maka dapat berpedoman pada nilai R square atau R2 yaitu sebesar 0,201. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Self Regulated Learning terhadap Motivasi Berprestasi Siswa sebesar 20,1% Kata Kunci : Self regulated learnig, motivasi berprestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self regulated learnig, motivasi berprestasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: NADA QURROTA A'YUN sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:52
Last Modified: 24 Apr 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24154

Actions (login required)

View Item View Item