ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK FUNDING PADA PRODUK TABUNGAN IB SATRIA DENGAN MATRIX BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus Di BPRS Bina Amanah Satria Kantor Cabang Bumiayu)

YANUAR, DWIKI VIALI (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK FUNDING PADA PRODUK TABUNGAN IB SATRIA DENGAN MATRIX BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) (Studi Kasus Di BPRS Bina Amanah Satria Kantor Cabang Bumiayu). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
YANUAR DWIKI VIALI_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK FUNDING PADA PRODUK TABUNGAN IB SATRIA DENGAN MATRIX BOSTON CONSULTING GROUP BCG Studi Kasus Di BPRS Bina Amanah Satria Kantor Cabang Bumiayu.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan khusunya sektor perbankan. Tiap bank memiliki identitas dan karakteristik uniknya sendiri. Oleh karena itu, diperlukan perancangan strategi pemasaran yang sesuai dengan ciri khas masing-masing. Ada bank yang mungkin lebih menonjolkan keunggulan produknya, sementara yang lain lebih fokus pada pelayanan pelanggan yang unggul atau penetapan harga yang bersaing. Sementara Matriks Boston Consulting Group (BCG) dibuat khusus untuk menilai posisi produk berdasarkan pangsa pasar relative dan tingkat pertumbuhan pasar serta untuk nmerencanakan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, melakukan analisis BCG menjadi penting bagi bank untuk membuat keputusan yang akurat dalam menetapkan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang fokus pada strategi pemasaran produk tabungan iB Satria. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi Observasi Partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, yang digabungkan dalam triangulasi. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memahami implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Bina Amanah Satria Bumiayu terhadap produk tabungan iB Satria. Penelitian ini menghasilkan strategi yang diterapkan oleh BPRS Bina Amanah Satria Bumiayu pada Produk Tabungan iB Satria, yaitu melalui pendekatan bauran pemasaran, mencakup Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Lokasi, dan Strategi Promosi. Analisis Matriks BCG pada tahun 2023 menunjukkan tingkat pertumbuhan pasar produk tabungan iB Satria sebesar 16,49%, menandakan pertumbuhan pasar yang tinggi. Pangsa pasar relatif tabungan iB Satria adalah 3,65, lebih besar dari pesaingnya, Tabungan Mentari BMT Amanah Indonesia Paguyangan. Berdasarkan hasil analisis, Tabungan iB Satria berada di kuadran 2 sebagai posisi bintang. Strategi yang bisa diterapkan oleh BPRS BAS Bumiayu untuk produk tabungan iB Satria adalah strategi hold atau mempertahankan, dengan menerapkan mekanisme pengembangan produk, penguatan distribusi, pengembangan pasar, penguatan citra merek, dan pendekatan pelanggan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Tabungan iB Satria, Matrik Boston Consulting Group (BCG)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran,Tabungan iB Satria, Matrik Boston Consulting Group (BCG)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nur Laela sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:26
Last Modified: 23 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24148

Actions (login required)

View Item View Item