Kreativitas Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas

Shera Luvita, Putri (2024) Kreativitas Guru Kelas Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shera_Luvita_Putri_Kreativitas_Guru_Kelas_dalam_Pelaksanaan_Pembelajaran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreativitas guru sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru dapat mengembangkan kreativitas dengan menggunakan metode atau media pembelajaran yang bervariasi. Selain itu guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul yang meliputi: Pertama, kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran seperti metode tanya jawab, metode proyek/kegiatan, metode demonstrasi, dan metode belajar kelompok. Kedua, kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran seperti menggunakan media lcd proyektor, media gambar, dan media speaker. Ketiga, kreativitas guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia seperti pengaturan pola tempat duduk peserta didik. Serta terdapat faktor pendukung kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia seperti sarana yang mendukung, dukungan dari kepala madrasah, dan dukungan dari sesama guru. Teacher creativity is very necessary in the learning process in order to achieve the desired learning goals. Teacher can develop creativity by using varied learning methods or media. Apart from that, teachers can manage the class well to create a pleasant learning atmosphere. The research is to know and describe teacher creativity in implementation Indonesian language learning in class IV MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. The research method used was a qualitative method. The reseach subject consisted of the madrasa head, class the IV teacher, and class IV student. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The research results show that teacher creativity in MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul which cover: First, teacher creativity in using learning methods such as teachers using the question and answer method, project based learning method, demonstration method, and group learning method. Second, teacher creativity in using learning media such as using lcd projector media, image media, and speaker media. Third, teacher creativity in classroom management in Indonesian language learning such as arrangement of student seating patterns. As well as supporting factors for teacher creativity in implementation Indonesian language learning such as supporting facilities, support from the head of the madrasah, and support from fellow teachers.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kreativitas Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Pembelajaran Bahasa Indonesia Keywords: Indonesian Language Learning, Madrasah Ibtidaiyah, Teacher Creativity
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shera Luvita Putri sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:34
Last Modified: 24 Apr 2024 08:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24140

Actions (login required)

View Item View Item