REPRESENTASI LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT) DALAM LAGU ONE OF YOUR GIRLS DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE TROYE SIVAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Tiara Faiqotur, Rohmah (2024) REPRESENTASI LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT) DALAM LAGU ONE OF YOUR GIRLS DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE TROYE SIVAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tiara Faiqotur Rohmah_REPRESENTASI LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER (LGBT)DALAM LAGU ONE OF YOUR GIRLS DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE TROYE SIVAN (Analisis Semiotika Roland Barthes).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) merupakan istilah untuk sekelompok orang yang memiliki perilaku kelainan seksual. LGBT sangat dilarang di Indonesia, selain karena menentang fitrah manusia, LGBT juga dapat mendatangkan musibah, bencana serta penyakit bagi para aktivisnya. Kemudian saat ini banyak bermunculan kampanye atau dukungan terhadap kaum LGBT ini, seperti film, serial, atau bahkan melalui video klip yang tersebar di media sosial. Tidak sedikit beberapa seniman, artis atau penyanyi juga menggunakan gaya mereka untuk berkampanye melalui karya-karya mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Troye Sivan, penyanyi asal Afrika Selatan ini beberapa kali mengeluarkan lagu-lagunya mengenai dukungannya terhadap LGBT. Berdasarkan pada latar belakang masalah muncullah rumusan masalah yang menjadi batasan dalam penelitian ini yakni bagaimana makna denotatif, konotatif, serta mitos pada lagu One of Your Girls. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi LGBT dalam lagu One of Your Girls di akun youtube Troye Sivan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika milik Roland Barthes. Metode ini memiliki 3 elemen penting diantaranya yaitu denotasi, konotasi, serta mitos mengenai LGBT pada lagu One of Your Girls. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa lagu One of Your Girls merepresentasikan cinta dalam bentuk kesetaraan. Hal ini dibuktikan dengan tanda yang meliputi gambar, gerakan, pakaian, serta atribut yang dikenakan oleh Troye. Kata Kunci: Representasi, LGBT, Semiotika Roland Barthes, Lagu One of Your Girls.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, LGBT, Semiotika Roland Barthes, Lagu One of Your Girls.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri. Tiara Faiqotur Rohmah
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:15
Last Modified: 23 Apr 2024 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item View Item