PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Generasi Z Pngguna Shopee di Purwokerto)

Lutfi, Azizah (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei Pada Generasi Z Pngguna Shopee di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LUTFI AZIZAH_PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN LIVE STREAMING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi berdampak pada kegiatan jual beli yang bertransformasi sistem pemasarannya menjadi online menggunakan aplikasi jual beli online. Pengguna aplikasi jual beli online ini mengalami peningkatan dikalangan anak muda terutama generasi Z yang merupakan kelompok usia paling sering menggunakan internet di Indonesia. Salah satu aplikasi jual beli online yang sedang populer yaitu aplikasi Shopee. Shopee menghadirkan beberapa inovasi baru sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan yaitu fitur online customer review dan live streaming. Oleh karena itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan dapat memediasi online customer review dan live streaming terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z pengguna aplikasi Shopee di Kota Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer berupa kuesioner dan wawancara. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Uji instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas. Kemudian analisa data dengan menggunakan metode analisis jalur (path analyze) dengan sobel test, uji koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Selanjutnya uji asumsi klasik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial online customer review dan live streaming berpengaruh terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian. Berdasarkan uji path analyze dengan sobel test menunjukan hasil bahwa kepercayaan dapat memediasi online customer review dan live streaming terhadap keputusan pembelian konsumen generasi Z pengguna aplikasi Shopee di Kota Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Online Customer Review, Live Streaming, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfi Azizah sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:36
Last Modified: 24 Apr 2024 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24132

Actions (login required)

View Item View Item