PERAN IBU BEKERJA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSI ANAK DI TK MELATI II DESA KENCONOREJO KECAMTAN TULIS KABUPATEN BATANG

Isna, Khairunnisa (2024) PERAN IBU BEKERJA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSI ANAK DI TK MELATI II DESA KENCONOREJO KECAMTAN TULIS KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Isna Zulfa Khairunnisa_Peran Ibu Bekerja dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosi anak di TK Melati II Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangannya zaman ini yang menciptakan persaingan ekonomi yang semakin keras dan kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sehingga menjadikan seorang ibu ikut turut andil untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga, resiko yang diambil ketika ibu memilih untuk bekerja ialah berkurangnya waktu bersama dengan anak, sedangkan pada usia ini anak sangat membutuhakan bantuan dalam perkembangannya. Pentingnya peran ibu dalam mendidik pola interaksi serta pengendalian emosi anak saat bersosialisasi. Apalagi anak akan mulai berhubungan dengan lingkungan yang lebih luas tidak hanya dengan lingkungan keluarga saja namun hubungannya terhadap lingkungan sekolah dan lingkungan masayarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peranan yang dijalankan oleh ibu bekerja terhadap perkembangan sosial emosi pada anak di TK Melati II Desa Kenconorejo Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dekskriptif. Peneliti mengunakan subjek penelitiannya merupakan ibu yang bekerja. Untuk pengumpulan data peneliti melakukan metode wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung turun ke lapangan. Lalu untuk menganalisa data peneliti menggunakan reduksi data, display dan penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa berdasarkan aspek-aspek perkembangan sosial emosi anak ibu yang berkeja memiliki peranan yang penting terhadap perkembangan sosial emosi anak melalui pemberian peran ibu sebagai pengajar, ibu sebagai model, ibu sebagai motivator dan juga ibu sebagai pengasuh. Lalu berjalannya peran ibu tersebut berjalan sesuai dengan melalui aspek kemampuan mengenal lingkungan, mengenal alam, mengnal lingkungan sosial, memahami peranan masyarakat, menghargai orang lain, perkembangan emosi, perkembangan kribadian dan terjalinnya hubungan interpersonal dalam pendukungan dalam proses perkembangan sosial anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: peran, ibu bekerja, perkembangan sosial emosi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Isna Zulfa Khairunnisa sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:24
Last Modified: 24 Apr 2024 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24130

Actions (login required)

View Item View Item